Monday 30 April 2012

Jakarta's Exclusive Plate Numbers

Pernah perhatikan gak ada beberapa plat nomor special di Jakarta. Dua yang saya tahu pasti adalah plat nomor yang berakhir dengan huruf RFP dan RFS.

Katanya (katanya loh ya)... plat nomor special ini hanya dimiliki oleh pejabat negara, pejabat kepolisian dan para keluarga mereka.

Karena sering terjebak oleh macetnya kota Jakarta, saya jadi sering memperhatikan tingkah laku orang-orang yang menyetir mobil-mobil berplat nomor khusus ini. Kadang-kadang sungguh sangat menggelikan tingkah laku orang-orang spesial ini.

Suatu saat saya melihat sebuah mobil dengan plat nomor yang berakhir dengan RFS melaju dengan cepat di jalur busway. Sedangkan mobil-mobil yang kurang spesial harus puas menggunakan jalur biasa dan terjebak macet.

Tapi rupanya di depan sudah ada dua orang polisi yang mencegat sebuah mobil (yang berplat nomor biasa) yang tertangkap basah menggunakan jalur busway. Tapi melihat hal ini si mobil RFS dengan percaya diri terus menyetir dijalur busway dan menunggu dua orang polisi yang sedang "mengurus" mobil yang melanggar pearturan itu.

Lalu saya melihat bahwa kedua polisi tersebut memberikan hormat kepolisian mereka kepada mobil bernomor plat RFS itu, dan mengacungkan jempol mereka mengisyaratkan bahwa mobil spesial itu boleh langsung lewat untuk melanjutkan perjalanannya.

Loh kok?! Hahaha ya udah lah ye... pikir gue.

Hal yang paling lucu adalah saat kedua polisi itu memberikan hormat. Mereka bukannya memberikan hormat kepada si pemilik atau supir mobil itu, tapi mereka memberikan hormat kepada plat nomor istimewa itu.

Kocak banget gak sih? Rupanya inilah perilaku orang-orang elite di negara kita. Kayak begini nih yang harus  dijadikan teladan bagi bangsa dan negara.

Haduuuh haduhh haduh... yo piye toh pak....



No comments:

Post a Comment